Upacara Memperingati Hari Pramuka ke – 57 SMPIT Hidayah


Hari ini Gerakan Pramuka merayakan hari jadinya yaitu Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Hal ini merujuk pada sejarah kepramukaan di Indonesia di mana pada tanggal tersebut di tahun 1961 Presiden RI Ir. Soekarno melantik Majelis Pimpinan Nasional (Mapinas), Kwarnas, dan Kwarnari. Pelantikan ini kemudian disusul dengan penganugerahan panji-panji Kepramukaan dari Presiden RI dan defile akbar oleh anggota pramuka di Jakarta.

( Baca juga : Sejarah Gerakan Pramuka Indonesia )

SMPIT Hidayah Klaten memperingati Hari Pramuka dengan mengadakan upacara. Pada hari ini tanggal 14 Agustus 2018 seluruh warga sekolah mengikuti upacara dengan berseragam pramuka lengkap. Upacara Hari Pramuka ini sedikit berbeda karena selain menggunakan seragam pramuka juga ada pembacaan Dasa Dharma Pramuka yang merupakan sepuluh sikap yang harus dimiliki oleh seorang pramuka serta menyanyikan lagu wajib Hymne Pramuka.
Seluruh petugas upacara peringatan Hari Pramuka ke – 57 adalah adik – adik dari baskom (barisan kompi) dengan pembina upacaranya adalah kak Ari Sugeng Purnomo selaku Pembina Gugus Depan pangkalan SMPIT Hidayah. Dalam amanatnya, selain menjelaskan tentang sejarah gerakan pramuka di Indonesia, kak Ari juga membacakan amanat dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang berisi tentang tema hari Pramuka pada tahun ini yaitu “Pramuka Sebagai Perekat NKRI”.
Dalam tema tersebut, adik – adik pramuka di pangkalan SMPIT Hidayah diajak untuk menyiapkan diri menjadi negarawan dan pemimpin yang amanah. Selain itu, kak Ari juga menegaskan bahwa Gerakan Pramuka harus menjadi rumah kita bersama, tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI.
Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Upacara Memperingati Hari Pramuka ke – 57 SMPIT Hidayah"

Posting Komentar