SMPIT Hidayah Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan


NGAWEN – Sesuai amanat Kementrian Pendidikan Nasional dan bentuk penghargaan atas jasa para Pahlawan Indonesia, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Hidayah Klaten menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 di Halaman Utama SMPIT Hidayah, Jumat (10/11).

Dengan tema “Sejarah Dan Kepahlawanan Untuk Indonesia”, Ketua Bidang Humas Sekolah Menik Dwiyani, S.Pd.I , selaku Pembina Upacara berharap para siswa SMPIT Hidayah dapat lebih mencontoh kegigihan dan keberanian para pahlawan dalam berjuang memerdekakan Bangsa Indonesia. “Semangat para pahlawan tersebut harus ditanamkan pada diri para siswa sejak dini terutama dalam belajar dan kegigihan meraih cita- cita.” Ucap Menik dalam pidatonya.

“Marilah kita sama-sama meresapi tema Peringatan Hari Pahlawan kali ini, untuk membangun negeri. Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya yang akan menjadi bangsa yang besar. Maka untuk dapat membangun Indonesia perlu pemuda yang kuat, gigih dan pemberani. Jadilah pahlawan bangsa dengan menjadi siswa yang kuat, gigih dan pemberani dalam meraih cita- cita, sehingga indonesia menjadi negara besar dan maju.” Tambahnya.

Menik juga menyampaikan dalam pidatonya tentang asal mula ditetapkannya Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 bulan November seperti hari ini. ia mengatakan bahwa Pertempuran Surabaya merupakan awal mula ditetapkannya sebagai Hari Pahlawan. Pertempuran tersebut merupakan peristiwa sejarah perang antara tentara Indonesia dan pasukan Britania Raya. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan merupakan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarak Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Usai amanat pembina, saat sesi akhir dalam upacara tersebut diselipkan penampilan dari tim pramuka yang menghadirkan kreatifitas untuk nanti dihadirkan pada acara kirab budaya memperingati Hari Jadi Desa Ngupit Ke-1051. Selain tim pramuka, tampil pula tim putri yang membawakan tari saman.

Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh guru dan siswa SMPIT Hidayah Klaten. Upacara yang diisi dengan prosesi pengibaran bendera Merah Putih,  dilanjutkan pembacaan Pancasila, pembukaan UUD ‘45, tampilan kreativitas dan pesan pahlawan ini berlangsung dengan khidmat, tertib dan sederhana.(pamungkas/kltn)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMPIT Hidayah Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan"

Posting Komentar